Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Menggunakan Alat

Menunggu kelahiran bayi membuat Anda perlu menyiapkan berbagai persiapan salah satunya adalah perlengkapannya. Selain itu juga biaya persalinan menjadi bagian yang paling utama. Anda bisa memilih cara menghitung usia kehamilan dengan menggunakan alat yang paling sesuai dan paling cocok.

  1. Kalkulator

Alat yang paling mudah dan paling cepat untuk membantu menghitung usia kehamilan dengan menggunakan kalkulator. Alat ini hadir dalam bentuk online yang bisa diakses secara gratis. Anda tinggal memilih kalkulator yang paling dirasa akurat dan banyak digunakan.

Alat ini akan membantu Anda mengetahui usia kehamilan tanpa perlu bepergian dan tidak perlu menunggu lama. Saat akan menggunakan alat online ini penting untuk menyiapkan data-data Anda. Salah satunya hari pertama haid berhenti. Biaya untuk melakukan pemeriksaan dengan kalkulator ini pun tidak perlu dikeluarkan. Hanya paket data untuk melakukan aksesknya.

  1. HCG

Cara menghitung usia kehamilan berikutnya yang dapat digunakan adalah HCG atau Human Chorionic Gonadotropin. Pemeriksaan ini menggunakan hormon peptida yang diproduksi saat hamil. Hormon ini dihasilkan oleh bagian embrio. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan sampel urine Anda atau pun air seni.

Usia kehamilan akan diketahui setelah proses pemeriksaan selesai. Selain menggunakan air seni pemeriksaan dengan alat ini dapat dilakukan menggunakan sampel darah. Biasanya dilakukannya pemeriksaan ini pada kasus kehamilan ektopik.

Gejala hormon ini meningkat saat Anda mengalami mual dan muntah di pagi hari. Kelebihan dari pemeriksaan menggunakan alat ini adalah hasilnya yang lebih akurat. Dibanding menggunakan urine hasilnya akan lebih akurat dengan menggunakan sampel dari darah Anda.

 

 

  1. USG

Alat selanjutnya yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan adalah USG. Cara ini merupakan cara yang banyak digunakan dan sudah menjadi pilihan wanita pada umumnya. Pemeriksaan akan dilakukan oleh tenaga dokter yang sudah ahli di bidangnya.

Biasanya jenis pemeriksaan ini dilakukan ketika Anda telah melewati waktu 4 sampai 5 minggu dari siklus menstruasi. Usia kehamilan akan diketahui dari rentang 8 minggu sampai 18 minggu. Pemeriksaan ini hasilnya akan akurat dan memuaskan Anda yang sedang mencari tahu usia kehamilan. Pemeriksaan ini istimewanya dapat dilakukan pada wanita yang hadinya tidak teratur.

Jadi buat Anda yang memang siklus haidnya tidak beraturan bisa langsung saja memilih menggunakan alat ini untuk mengetahui usia kehamilan. Akurat hasil yang akan didapatkan sekitar 95%. Selain itu juga bisa membantu Anda untuk melihat perkembangan bayi. Tampilan hasil pemeriksaan bisa dilihat di layar monitor dan juga bisa mengetahui perkiraan lahir bayi.

Apa pun cara menghitung usia kehamilan yang akan Anda pilih tetap jaga kondisi kesehatan agar bayi di dalam kandungan tetap aman. Siapkan perlengkapan bayi yang memang dibutuhkan untuk digunakan saat baru lahir. Anda bisa melakukan pembelian perlengkapan bayi di toko online orami.co.id.